Local Server Mirror Update NOD32 v2.7


Antivirus NOD32 merupakan salah satu Antivirus yang ampuh untuk memberantas virus-virus nakal baik virus lokal maupun luar negeri. Tulisan ini saya buat karena banyak teman-teman yang tanya tentang langkah-langkah pembuatan mirror NOD32. Disini akan dijelaskan setting pada server (Mirror server) dan Client.

  • Apa tujuan pembuatan mirror update?

Tujuannya adalah menghemat bandwidth internet pada jaringan kita, yaitu hanya satu komputer (server NOD32 Lokal) saja yang melakukan update secara otomatis ke server NOD32/ESET yang berada di internet dan komputer lain tinggal meng-update ke server NOD32 Lokal yang berada dijaringan lokal. Bayangkan jika ada 100 atau lebih komputer pada kantor kita yang rame-rame meng-update antivirus NOD32 ke internet secara bersamaan dalam setiap jam.

  • Cara Kerja Server NOD32.

Pertama kali Komputer server NOD32 melakukan update ke server NOD32 di internet, setelah berhasil update kemudian komputer tersebut meng-generate file hasil update-an tersebut kekomputer lokal. Kemudian dengan menggunakan webserver/file sharing file hasil generate tersebut digunakan untuk meng-update semua komputer yang berada di jaringan lokal.

  • Setting pada Komputer Server.

Pada contoh disini saya menggunakan NOD32 2.7 dengan komputer server menggunakan IP 172.16.21.2. Sebelumnya anda diwajibkan untuk men-download tool untuk meng-generate file hasil update, namanya NOD32 Admin Module. Silahkan download jika anda belum punya, dan anda membutuhkan software webserver seperti Apache atau Xitami. Disini saya menggunakan Apache sebagai webserver-nya.

Langkah-langkah setting dan pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Install Webserver (Apache) pada komputer yang akan dijadikan server mirror. Next.. Next.. Next..
  2. Test webserver Apache dengan mengetikkan IP Komputer server mirror (172.16.21.2) pada web browser, jika muncul halaman Apache, instalasi berhasil.
  3. Buka Windows Explorer, dan cari letak folder htdocs pada folder instalasi Apache kemudian catat letaknya. Pada komputer saya terletak di : C:\Program Files\Apache Group\Apache2\htdocs
  4. Install NOD32 v2.7 pada komputer server mirror kemudian restart.
  5. Buka folder Tool Admin Module yang telah anda download, cari file nod32.xml, buka menggunakan notepad atau wordpad.
  6. Cari baris : <NODE NAME=”PathCD” TYPE=”STRING” VALUE=”C:\nod32 updates\” />
  7. Ganti : VALUE=”C:\nod32 updates\” dengan folder htdocs yang tadi kita catat –> “C:\Program Files\Apache Group\Apache2\htdocs\”
  8. Sehingga menjadi : <NODE NAME=”PathCD” TYPE=”STRING” VALUE=”C:\Program Files\Apache Group\Apache2\htdocs\” />
  9. Save file tersebut.
  10. Install Adm Module dengan cara double klik “install.cmd” (hati-hati..!!! bukan file “setup.exe” yang di klik).
  11. Restart komputer, dan seharusnya Pada NOD32 anda akan muncul menu mirror.
  12. Lakukan update ke internet.
  13. Buka Win Explorer dan buka alamat yg tadi kita simpan (C:\Program Files\Apache Group\Apache2\htdocs\), seharusnya disitu akan ada folder baru dengan nama “nod_upd” yang berisi file update NOD32. Jika ada, berarti anda telah berhasil melakukan setting pada server mirror NOD32. Selamat…!!!

Setting pada Komputer Client.

  1. Saya beranggapan bahwa anda telah menginstal NOD32 pada komputer client.
  2. Klik icon NOD32 pada systray.
  3. Klik menu Update kemudian klik setup.
  4. Kemudian akan muncul window baru, klik server > add, dan masukkan alamat http://172.16.21.2/nod_upd/&#8221; (lihat gambar)

  1. OK.. OK..
  2. Pada menu dropdown Server, Pilih http://172.16.21.2/nod_upd/&#8221; [OK]
  3. Sekarang klik update. NOD32 pada client akan otomatis meng-update dirinya jika server pada mirror juga ter-update.

Selamat mencoba. Kritik dan saran saya tunggu.
Sekian dulu, semoga bermanfaat.

About these ads
    • anton
    • February 25th, 2013

    jam sudah benar kak…semua komputer yang saya instal nod32 muncul peringatan warningnya kak…mohon pencerahannya..

    • anton
    • February 23rd, 2013

    kakak kalo menghilangkan warning nod32 pada saat start up
    “The current virus signature database is out-of-date. It is highly recommended that you supdate NOD32 immediately to ensure that newly discovered viruses will be deleted.” gmn caranya kak??

      • Ofidz Al-akadarnya
      • February 23rd, 2013

      Untuk menghilangkannya cukup di update aja. Karena signature database pada NOD32 sudah lama nggak diupdate.

        • anton
        • February 24th, 2013

        update online sudah berhasil saya lakukan kak…tapi saat komputer dinyalakan selalu muncul warningnya…

        • Ofidz Al-akadarnya
        • February 24th, 2013

        Aneh, coba cek jam komputer nya. Jangan-jangan jam nya ngaco :)

    • roy
    • November 25th, 2011

    bos aku tak bisa update dari komputer client. apa ada salah di kompi servernya yah?

    • Roby
    • November 25th, 2011

    Met Siang mas, aku juga pake nod32 2.7. pada semua komputer jaringan. Aku dah jalanin semua step2 nya hingga folder nod_upd nya udah pada terisi file update nya. Tapi pas di komputer clientnya tdk mau terupdate, apa ada kesalahan pada setingan webserver apachenya yah. pesan yang timbul di komputer client adalah “server connetion failure”

      • Ofidz Al-akadarnya
      • November 26th, 2011

      Coba cek dulu apakah apache sudah berjalan dengan benar.
      Caranya:
      Buka web browser (Mozilla, chrome, opera atau IE)
      Kemudian ketik : http://192.168.0.1/nod_upd
      Ganti IP tersebut dengan IP Server NOD anda.
      Kemudian lihat, apakah ada file *.nup & update.ver disana.
      Kalau belum ada, berarti setingan Mirror masih salah.

        • roby
        • November 26th, 2011

        yup udah muncul di browser kok mas. tapi dari komputer client tak bisa. ada petunjuk lainnya?

        • Ofidz Al-akadarnya
        • November 28th, 2011

        Okey..
        Coba cek firewall. Kalo aktif, coba port 80 dimasukkan ke exception.
        Kalo bingung, coba matikan aja firewall nya.

        • roby
        • November 26th, 2011

        kalo browsing dari kompi server muncul kok. Tapi dari kompi client tdk muncul.

    • Defiss
    • March 23rd, 2011

    Bos downnload aphacenya d mnA????
    sush bgt c nyati downloadannya.

      • Ofidz Al-akadarnya
      • March 24th, 2011

      Silahkan. Link nya barusan saya update :
      http://www.ziddu.com/download/14316737/httpd-2.0.64-win32-x86-no_ssl.msi.html

    • zhry
    • May 17th, 2010

    thx share ilmunya bro….mo nanya nich..yang maz install buat server itu osnya apa? windows 2000 or 2003 server.coz saya coba di windows 2003 dengan iis sebagai servernya gak jalan…

      • f1dz
      • May 18th, 2010

      Sudah saya Coba di WinXP, Win7 dan Win Server 2003 R2. Semua berjalan dengan lancar. Tapi tidak menggunaan IIS. Kalau mau menggunakan IIS. Pastikan Service IIS nya jalan mas. Bisa dilihat di RUN > services.msc. Kalau belum jalan di start aja.

  1. kalau pasang di komputer linux (sbg server mirror) bs ndak yah mas..?

      • f1dz
      • February 16th, 2010

      Dulu saya juga pernah menempatkan mirror nya di Linux, tapi dengan cara mapping drive. Sehingga update tetap di Windows, tapi saya lempar update nya ke Linux. Memang agak ribet. Saya pernah juga dapet script buat generate update nya di Linux. Tapi sekarang sudah nggak bisa jalan.

      • f1dz
      • May 18th, 2010

      Silahkan pelajari script nya disini mas:
      http://ashus.ashus.net/viewtopic.php?f=16&t=68

  2. yang diatas khan versi 2.7 nah untuk yg versi 4 – nya gimana bos???
    ada admin module-nya sendiri ???

      • f1dz
      • February 16th, 2010

      Coba mungkin bisa di baca disini http://www.warungplus.com/2007/12/29/nod32_generador_v40_beta_offline_pctopc_update_generator.html

      • f1dz
      • February 16th, 2010

      Barusan saya bikin boss.
      http://mocopat.wordpress.com/2010/02/16/local-server-mirrorupdate-eset-nod32-v4/

  3. Nod 32 Update | Username & Password Updates

    http://kautsarku.wordpress.com/free-download/nod32/

      • f1dz
      • February 16th, 2010

      Terima kasih broda…

  1. February 16th, 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 640 other followers

%d bloggers like this: